Kamis, 24 Mei 2012

Filosofi nama Cinta Sejarah Islam

Apalah arti sebuah nama yang akan menjadi identitas kita seumur hidup.

Berawal dari sebuah keisengan, sewaktu kelas II SMA saya mulai mengganti nama asli saya di facebook dengan sebuah nama yang aneh yaitu Anita cinta sejarah. Nama ini tidak datang begitu saja, namun malalui proses yang cukup unik. Sebagaimana diketahui, saya sangat menyukai bahkan mencintai sejarah sejak SMP kelas 1. Berbagai epik dan kisah yang tercatat begitu mengagumkan bagi saya. Dengan kecintaan yang begitu besar terhadap sejarah, bahkan saya sering disebut sebagai manusia prasejarah. Tetapi julukan itu tidak membuat saya merasa tersinggung.
Selepas SMA, julukan manusia prasejarah masih saja melekat pada diri saya. Setidaknya mungkin karena mereka setiap hari menyaksikan saya membaca buku sejarah Yunani dan Romawi. Peradaban Barat selalu saya kagumi saat itu. Padahal di sela-sela peradaban mereka tertutupi berbagai kebusukan yang mendalam. Bodoh sekali, karena pada waktu itu saya tidak mengarahkan pandangan pada sebuah peradaban yang gemilang yaitu Islam.
Setelah kuliah dan mempelajari mengenai sirah nabawiyah dan riwayat peradaban Muslim, saya mengalihkan pandangan secara penuh terhadap peradaban yang dibangun atas dasar akidah diin al Islam. Subhanallah, berbagai pelanggaran dan kecacatan yang terdapat dalam sejarah tidak lain karena ummat terdahulu meninggalkan akidahnya. Awalnya saya merasa sia-sia karena membuang waktu selama 6 tahun untuk mendalami sejarah peradaban barat. Namun sekarang saya sangat bersyukur dengan pendalaman itulah sedikitnya saya mampu membongkar berbagai kebusukan sejarah mereka.
Saat ini, saya menggunakan terminologi Cinta sejarah Islam dan menghapus nama asli. Saya memiliki alasan untuk sedikit menyembunyikan identitas pada orang-orang tertentu. Yang perlu digarisbawahi adalah saya jarang memposting sebuah tulisan sejarah di dunia maya karena suatu pengalaman yang tidak perlu disampaikan. yang pasti sekarang doakan saja agar anggapan buruk tersebut hilang dan saya kembali rajin memposting sebuah sejarah dan pembantahannya. 
Wallahu 'alam

1 komentar:

  1. hehe,, makasihh yaa.. Padahal blog ini kan bukan kaya blog kajian sejarah. 2 kali kehilangan flashdisk membuat tulisan saya banyak yang hilang sebelum diterbitkan. Belum lagi etika dunia maya dilanggar begitu saja. Plagiat sangat tinggi. Membuat saya agak malas menulis

    BalasHapus