Sabtu, 30 Juni 2012

Profil the Center for Gender Studies (CGS)




Saat ini masih terdapat hegemoni wacana terkait isu gender yang menunjukkan bahwa semua Perempuan Indonesia tertindas atau terdiskriminasi dan karenanya Perempuan Indonesia, khususnya Muslimah harus dibebaskan melalui ide feminisme.

Dari ide-ide feminisme itulah lahir dekonstruksi terhadap al-Qur’an, adanya hadis atau ayat yang bias gender kemudian ditafsirkan kembali secara konstekstual sehingga lahir ayat atau hadis yang ramah perempuan, ide feminisme tersebut juga membuahkan ketimpangan dalam keluarga Islam.
Hal inilah yang membuat kami, para Muslimah yang kini tergabung dalam Pengurus the Center for Gender Studies (CGS), merasa resah dan gelisah melihat fenomena tersebut masih digulirkan oleh Pemerintah dan aktivis feminis di negeri ini.

Demi menjawab panggilan tersebut, akhirnya pada tanggal 07 April lalu, kami membuat sebuah grup dan blog yang mengcounter feminisme dan kesetaraan gender. Karena animo yang begitu besar terhadap grup dan blog, akhirnya kami membuat website resmi yang mengkhususkan diri untuk mengcounter feminisme dan kesetaraan gender, selain membuat fanspage di Facebook dan Twitter.
Visi dan Misi

Mengkritisi dan merespon secara akademik bentuk, konsep, wacana paham feminisme yang digulirkan dan disebarkan oleh para feminis kepada Perempuan Indonesia, khususnya kepada Muslimah.
Meneliti secara lebih jauh dan serius terhadap ide-ide feminisme serta mendasarkan penelitian tersebut pada Worldview Islam.

Mengkaji lebih dalam tentang Sejarah, latar belakang maupun bahaya paham Feminisme dan Kesetaraan Gender.

Menggali, mengkaji dan mensosialisasikan konsep-konsep Islam tentang keluarga dan kemuslimahan.
Mendiskusikan secara bersama-sama dan mencari solusi yang tepat untuk masalah Feminisme sehingga dapat diterapkan secara langsung dan segera.
Diharapkan website ini bisa menjadi sarana atau ajang untuk sharing, tukar pikiran dan menambah ilmu dengan perempuan-perempuan dari antar lintas organisasi Islam.
Susunan Pengurus Thisisgender

Dewan Redaksi :
Rita Soebagyo
Henri Shalahuddin
Dinar Kania
Kholili Hasib
Anita Syahrudin

Sekretaris Redaksi :
Rira Nurmaida
Sarah Mantovani

Div. Umum :
Tetra Sridodo
Ummi Suci
Nunu Karlina
Surani Ningsih

Humas :
Sakinah Fithriyah
Anita Rachmat Putri
Ully Armia

Admin dan PJ web Thisisgender :
Mohammad Ismail
Lukman El-Hakim

Admin dan PJ Grup MUSLIM TOLAK KKG :
Ully Armia

Admin dan PJ fanspage Thisisgender :
Surani Ningsih
Nunu Karlina

Admin dan PJ blog aboutfeminism :
Sakinah Fithriyah

Admin dan PJ Twitter :
Ummi Suci

Read more: http://thisisgender.com/#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar