Minggu, 10 Juni 2012

Keteladanan dari Abdullah bin Jubair Al-Anshari Al Ausi

Abdullah Jubair bin Nu'man bin Umayyah yang berasal dari Bani Tsa'labah bin Amru bin Auf merupakan salah satu syuhada pada Perang uhud. Beliau merupakan panglima pasukan pemanah yang dipilih oleh Rasulullah untuk menempati posisi strategis karena kepiawaiannya dalam melesatkan anak panah. Sebagaimana diketahui, pasukan pemanah yang dipilih berjumlah 50 orang. Dengan keahlian merekalah pada permulaan perang Uhud pasukan kafir Quraisy berhasil dikalahkan secara telak.
Sebelum perang, Rasulullah memperingatkan kepada pasukan pemanah bahwa apapun yang terjadi, pasukan tidak boleh turun dari bukit untuk melindungi pasukan Muslim. Tergiur dengan ghanimah yang berlimpah, sebanyak 40 pemanah turun dari bukit untuk mengambil harta tersebut. Menyisakan 10 pasukan pemanah, termasuk Abdullah bin Jubair. Seperti yang tercatat dalam sirah, pada akhirnya pasukan Muslim mengalami kekalahan terhadap kaum Kafir Quraisy. Akibat melalaikan seruan Rasulullah Saw untuk tetap bertahan di atas bukit
Abdullah bin Jubair dan 10 pasukan yang tersisa tetap bertahan di bukit demi melindungi Rasulullah Saw dan pasukan Muslim. Meskipun begitu, Abdullah bin Jubair tetap memperingatkan pasukan pemanah untuk tetap siaga di bukit dan untuk tidak mengkhianati Rasulullah Saw. Karena tergiur ghanimah yang berlimpah, pasukan pemanah tetap tidak mempedulikan seruan tersebut. Merekapun turun, mengumpulkan ghanimah yang ada dilembah.
Malapetakapun terjadi, pasukan Kafir Quraisy yang melihat pasukan pemanah Muslim turun, segera menyerang kembali dan membuat pasukan pemanah yang tersisa kewalahan. Abdullah bin Jubair dengan keberaniannya melawan dengan sengit hingga panahnya habis, tombaknya patah dan pedangnyapun juga patah. Akhirnya beliaupun syahid oleh serangan Ikrimah bin Abu Jahal.

ibrah yg bisa diambil bnyak sekali, salah satunya adalah tidak menkhianati amanah Rasulullah demi kenikmatan dunia yang semu.

Kultum @Mafaaza
14 Maret 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar