Sabtu, 04 Agustus 2012

I'tikaf yuuk ukhtinna

Beberapa minggu lalu ana ingat pernah mengajak ukhtina i'tikaf.. Insya Allah, semoga Allah mengizinkan,, tapi, masha Allah, sepertinya ana tidak akan dapat i'tikaf secara full time. Full time (maksudnya 10 hari penuh). Ada beberapa amanah yang belum dilaksanakan, ini seputar janji pada manusia yang wajib ditepati. ^v^. Insya Allah tanggal 9 Agustus hingga 5 hari sebelum Ramadhan ana menunaikan janji tersebut. Tapi diselingi dengan i'tikaf di malam ganjil. Mohon ukhtinna mendoakan karna ana sedang membantu Ummu Salamah membuat buku mengenai suatu hal yang akan membuat kontroversi. Tetap Safiron Mutahaddian dalam menentang kebathilan.
Hmm, sekian deh pengantarnya, berikut ana list daftar masjid yang baik untuk i'tikaf:

1. Masjid Fathullah.

Masjid ini berlokasi dimana? Insya Allah ukhtinna pada tau deh. :))
Masjid ini menjadi masjid kebesaran UIN Jakarta, meskipun secara struktural tidak berkaitan dengan manajemen di UIN, tapi karna letaknya depan UIN jadi sering disebut masjid UIN. Tahun lalu ana dua kali merasakan i'tikaf di masjid ini. Subhanallah,, terasa sekali nuansa keheningannya. Masjid ini juga tempat persaksian doa" ketika ana menyerahkan ibunda tercinta padanya. Masha Allah, ditengah kegelisahan ana terhadap berbagai derita yang ibu alami selama satu setengah tahun mengidap kangker. Disinilah ana memperoleh solusi kongkreetnya meskipun sangat menyakitkan. Entahlah apakah ini benar atau tidak, tapi pada malam 21 tahun lalu ana i'tikaf dimasjid ini, Izin dengan ibu, pada sore harinya untuk berangkat ke Ciputat. Dengan sangat ringan ibu mengizinkan kepergian ana. Sesampainya disana, ana belum langsung ke masjid, tapi menunggu hingga pukul 11 malam di rumah teman.
Setelah pukul 11 malam, ana berniat i'tikaf, melaksanakan berbagai ibadah yang menjadi agenda berjamaah (sholat tasbih) salah satunya. Subhanallah sekali deh ukhtinna. Merasa sangat dekat pada-Nya hingga setelah sholat ana berdoa agar diberikan yang terbaik untuk ibunda, dan keesokan harinya, pada tanggal 22 Ramadhan yang bertepatan dengan 22 Agustus ibunda tercinta diambil oleh-Nya. Allahummagfiflahaa war hamhaa wa afihaa wa'fuanhaa. :)) Selepas ibu dimakamkan, ana izin kembali dengan keluarga untuk melaksanakan i'tikaf pada malam 23 di masjid ini juga.
Oya,, karna hijab di Fathullah sangat minim, bahkan cenderung tidak ada. Jangan harapkan ukhtina dapat melaksanakan kegiatan dengan lancar. Oleh karena itu, tadi ana cerita berangkat ke Fathullahnya jam 11 malam kan. Soalnya yaa begitu deh,, kondisinya tidak memungkinkan untuk dapat lebih privat. Minimal untuk tidurpun kita sulit mencari posisi wuennakk (PW). Hmm, oke deh dengan masjid kebanggaan ana ini,, klo ukhtinna mau, Insya Allah 5 hari sebelum Ramadhan, ana i'tikaf disini. Karna apa? yang tadi menyelesaikan buku bersama Ummu Salamah yang akan menghasilkan kontroversi. Lokasi masjid setidaknya tidak sejauh masjid-masjid besar lainnya. :D Doakan yaa..

2. Masjid Raya Ciamis

Pasti ukhtinna lagi bingung, ini masjid ada dimana. Hehe, saki pasti taulah,. Yup, masjid ini sesuai namanya ada di Ciamis Jawa Barat. Cukup jauh memang. Tapi insya Allah semakin dekat karena ana ada rencana beberapa hari menginap di rumah keluarga Sakinah. Bertemu keluarganya yang selalu dirindukan, dan yang pasti ikut kuliah full bersama Wa Ugi. Subhanallah, kan jarang-jarang beliau ada di Indonesia. Makanya ana gak mau kelewatan mencari ilmu dan hikmah dari beliau. Malam 21 Ramadhan yang bertepatan dengan tanggal 7, ana mau i'tikaf sehari di masjid ini, mencoba aja sih, karna belum pernah juga. Semoga Allah azza wajalla meridhai niat kecil ana ini. Allahumma aamiin. Afwan, ana belum bisa menggambarkan sikon i'tikaf di masjid ini, karena belom berpengalaman juga.. :D. Oke deh,, kalo begitu lanjut nyokk ke masjid berikutnyee..

3. Masjid At-Tiin

Yeyeye,, tiba di masjid selanjutnya, surga untuk i'tikaf para akhwat. Yaitu masjid At-tiin yang terletak di kompleks TMII Jakarta Timur. Hehe,, sepertinya ana tak perlu bercerita panjang lebar mengenai i'tikaf para akhwat di masjid ini. Kenapa? karena pastinya ukhtinna udah pada biasa menjalankan i'tikaf disini. Oke deh,, berlanjut ke masjid berikutnya aja..




4. Masjid Istiqlal

Berikutnya adalah masjid bersejarah yang merupakan masjid ke-tiga paling besar didunia. Yaitu, Istiqlal yang berarti kemerdekaan. Masjid ini terletak di pusat kota Jakarta. Dekat Monumen Nasional (Monas). Suasana i'tikaf di masjid ini sangat subhanallah. Hijab muslimah dapat terjaga. Terlebih, disana kita ramai-ramai i'tikafnya. Berasa ramai pula di Syurga-Nya nanti. Allahumma aamiin. Hehe,, tapi tau kan, taraweh dalam masjid ini kudu menyiapkan energi ekstra. Ngerti kan maksudnya kenapa.. :D Udah deh, pasti ukhtina udah pada ngerasain i'tikaf di masjid ini. Intinya, masjid ini sangat baik dijadikan tempat i'tikaf secara full time. Dari tanggal 8 sampe akhir ramadhan. Mau kesini juga Insya Allah. Doain terus masih dikasih umur panjang. Udah ahh, Lanjut deh ke masjid berikutnya..

5. Masjid Al Adzom

Yihiiii,, berlanjut ke masjid berikutnya yaitu masjid kebanggaan orang Tangerang (bukan kabupaten yaa. Tapi kota). Yaitu masjid Al Adzom. Awalnya gak kepikiran dengan masjid ini, tapi setelah ka Nunu merekomendasikan, jadi tertarik untuk menyempatkan diri ibadah di masjid ini. Karna belum pernah ke masjid ini, jadi silahkan ukhtinna tanya ka Nunu Karlina untuk suasana i'tikaf disini.. Oke deh.. Capekk, udah jam 9 juga.. :D


Sekian dulu masjid-masjid yang terpilih sebagai tujuan ana i'tikaf tahun ini. Semoga Allah memberikan pahala yang berlimpah bagi kita semua. Memperoleh mag'firah-Nya. Memperoleh malam Lailatul Qadr. Karena inilah tujuan kita. Masha Allah, Allahumma aamiin. Silahkan untuk ukhtinna yang mau memberikan rekomendasi masjid lainnya.. Ana tunggu lho.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar